Baru : Resep Ayam Bacem Goreng, Gurih, Empuk, Nikmat

Ayam Bacem Goreng

resep ayam, ayam bacem goreng, resep masakan, masakan rumahan
ayam bacem goreng

Bahan:

  • 1 ekor ayam kampung(potong )saya bagi 8 atau bisa juga 4
  • 6 lembar daun salam
  • 1 1/2 sdm ketumbar sangrai lalu ditumbuk
  • 3 cm lengkuas geprek
  • 1L air kelapa
  • 1 sdm asam jawa campur dengan 100 ml air lalu saring
  • 5 siung bawah putih (haluskan)
  • 7siung bawang merah(haluskan)
  • 90 gram gula merah
  • garam sesuaikan,saya 1sdt
  • lada sesuaikan,saya 1/4 sdt
  • gula sesuaikan ,saya 1/4sdt
  • kecap manis

Cara memasak ayam bacem goreng:

  1. Masukkan semua bahan sampai mendidih
  2. Masukkan ayam dan beri kecap manis
  3. Ungkep ditutup dan sekali" di aduk.(saya diungkep sekitar 1 jam lebih)
  4. Goreng sebentar saja

AYAM BACEM GORENG SPESIAL


resep ayam, ayam bacem goreng, resep masakan, masakan rumahan
ayam bacem goreng spesial

Bahan :

  • 5 potong ayam
  • Air kelapa dr 2 butir kelapa (klo emg ga ada, gpp pake air biasa)
  • 3 bunderan gula merah (ini ukurannya kecil ya klo aku)
  • 1 jempol lengkuas geprek
  • 3 daun salam
  • ¼ gelas belimbing air asam jawa
  • Garam secukupnya

Bumbu halus :

  • 5 siung bawang putih
  • 1.5 sdm ketumbar

Cara memasak ayam bacem goreng spesial:

  1. Tumis bumbu halus dg lengkuas dan daun salam, sebentar saja yah.
  2. Masukkan air kelapa, gula merah, garam, dan air asam jawa. Tunggu hingga mendidih.
  3. Masukkan ayam, diamkan sampai air agak asat.
  4. Goreng dg api kecil. Krn ini cepet gosong, soalnya terkaramelisasi oleh gula merah.
  5. Siap disajikan.
LihatTutupKomentar